News
Gerakan Sosial pada Medali Emas PKM-M di PIMNAS ke-30

Gerakan Sosial pada Medali Emas PKM-M di PIMNAS ke-30

Gerakan Sosial Sejumlah mahasiswa ITB sekali lagi menorehkan prestasi gemilang bagi nama kampus Ganesha di kancah nasional melalui keberhasilan mereka dalam PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) – PIMNAS ke-30 yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

PKM adalah salah satu program Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) bersama Program Kerja Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia yang bertujuan mendorong generasi muda untuk berinovasi dan berkarya dalam rangka kesejahteraan berkelanjutan. Tim yang terdiri dari empat mahasiswa ITB, yaitu Muhammad Fadhil (Teknik Penerbangan 2013), Haris Askari (Teknik Kimia 2013), Muaz Almunziri (Teknik Geofisika 2013), dan Faiz G.

Macakeun merupakan sebuah gerakan sosial yang berfokus pada digitalisasi buku menjadi format audio yang terintegrasi dalam sebuah sistem website. Tujuan utama gerakan ini adalah untuk membantu para tunanetra dalam memenuhi kebutuhan mereka akan membaca buku. Melalui gerakan ini, diharapkan para tunanetra dapat membaca buku di mana saja dan kapan saja. Ide ini menjadi kenyataan setelah mereka menemukan rekan-rekan yang memiliki minat yang sama dalam mengembangkan gagasan tersebut.

Sebelum mengikuti PIMNAS, tujuan dari ide ini adalah untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Semua anggota tim yakin bahwa ide tersebut layak untuk direalisasikan demi kebaikan bersama. Di PIMNAS, tim Macakeun siap untuk mempresentasikan proyek mereka. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik untuk memastikan kesuksesan proyek ini di tingkat nasional. Berkat upaya keras dan dukungan dari berbagai pihak, terutama ITB, tim Macakeun berhasil meraih medali emas.

Namun demikian, tim Macakeun menyadari bahwa ini baru awal dari perjalanan panjang gerakan ini. Mereka berharap agar gerakan ini dapat berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas di masyarakat.