News
ITB Gelar Sosialisasi SNBP, SNBT, Mahasiswa Baru 2024

ITB Gelar Sosialisasi SNBP, SNBT, Mahasiswa Baru 2024

Institut Teknologi Bandung (ITB) terus memperluas jejaknya dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun Akademik 2024/2025 di ITB Kampus Cirebon pada Sabtu, 3 Februari 2024. Sosialisasi ini merupakan langkah strategis dalam memberikan pemahaman kepada calon mahasiswa tentang proses seleksi masuk ITB serta memberikan informasi terkait program studi baru dan potensi kampus.

Peningkatan Kesadaran tentang SNPMB

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi komprehensif kepada siswa SMA/SMK dari Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengenai mekanisme dan persyaratan seleksi masuk ITB melalui jalur SNPMB. Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa, Irvan Christiawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan calon mahasiswa bahwa ITB memiliki berbagai jalur penerimaan.

“Adapun jalur nasional ini sudah mulai berjalan, terutama untuk peserta SNBP sehingga apa yang harus dilakukan atau harus diikuti jangan sampai tertinggal. Kami juga memotivasi calon mahasiswa untuk percaya diri memilih ITB karena potensi terbaik negara ini ada di mana saja, termasuk di wilayah Ciayumajakuning. Terlebih sekarang sudah ada ITB multikampus,” ujar Irvan Christiawan.

Ia juga menegaskan perlunya pemahaman mendalam bagi siswa yang ingin mengikuti jalur seleksi lain, sehingga proses pendaftaran dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Materi Sosialisasi

Berbagai materi disosialisasikan kepada ratusan peserta, termasuk guru dan siswa, dari berbagai sekolah. Materi tersebut mencakup:

  1. Jalur dan Kuota Masuk Perguruan Tinggi: Penjelasan tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru dan kuota yang tersedia.
  2. Persyaratan Pendaftar: Informasi tentang dokumen dan persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.
  3. Ketentuan Pemeringkatan Siswa: Proses pemeringkatan yang menjadi dasar seleksi.
  4. Tahapan SNBP dan SNBT: Penjelasan mengenai langkah-langkah dalam seleksi nasional.
  5. Pilihan Program Studi: Informasi mengenai program studi yang tersedia di ITB.
  6. Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman Hasil: Rincian jadwal untuk proses pendaftaran dan pengumuman hasil seleksi.
  7. Beasiswa KIP-K: Penjelasan tentang Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan kriteria penerimaannya.

Fokus pada Kampus Cirebon

Dalam sosialisasi ini, Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa menyoroti khusus program studi baru yang dibuka di ITB Kampus Cirebon. Tiga program sarjana baru, yaitu Biologi, Kriya, dan Kewirausahaan, menjadi pilihan bagi calon mahasiswa melalui jalur SNBP dan SNBT. Keberadaan program studi ini merupakan bukti komitmen ITB untuk menjadi lembaga pendidikan yang relevan dengan potensi lokal.

Selain program sarjana, ITB Kampus Cirebon juga membuka tiga program magister di Pengajaran Matematika, Fisika, dan Kimia yang perkuliahannya dilaksanakan di kampus Watubelah. Langkah ini sejalan dengan komitmen ITB untuk mendukung peningkatan kualitas pengajaran guru, terutama dalam bidang matematika dan sains.

Respons Positif

Kegiatan sosialisasi SNPMB di ITB Kampus Cirebon mendapatkan respons positif dari peserta. Irvan Christiawan menyampaikan, “Tanggapannya sangat positif. Terlihat banyak siswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di ITB, baik program pascasarjana maupun sarjana.”

Puncak Kegiatan

Melalui kegiatan ini, ITB berharap informasi terkait penerimaan mahasiswa baru, khususnya prodi-prodi baru di kampus Cirebon, dapat tersampaikan dengan luas. Dengan menggelar kegiatan ini, ITB menunjukkan komitmennya untuk terus memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia.